Latihan Akhir Bab 1 INFORMATIKA HAL. 70-73
PILIHAN GANDA
Google dan mesin pencari lainnya seperti Bing dan Yandex sudah dari dulu menerapkan machine learning untuk melakukan perangkingan laman suatu website. Setiap mesin pencari mempunyai resep tersendiri pada algoritma pencarian yang digunakan. Dalam praktiknya ketika kita mengetik kata kunci, Google akan menampilkan hasil pencarian yang paling mendekati kata kunci tersebut. Apabila kita memilih suatu halaman dan menghabiskan banyak waktu pada halaman tersebut, Google akan mendeteksi bahwa halaman tersebut sesuai dengan kata kunci yang kita masukkan. Begitu pula, saat kita melihat halaman pencarian berikutnya misalnya halaman 2, 3, dan seterusnya. Google akan mendeteksi adanya error hasil pencarian yang dihasilkan dengan kata kunci. Begitulah data tersebut terkumpul dan dianalisis menggunakan machine learning oleh Google Search Engine, untuk menghasilkan hasil pencarian yang dinamis dan berkualitas.
- Rekomendasi Produk Marketplace
Perkembangan teknologi menyebabkan penggunaan marketplace semakin diminati baik dari sisi penjual dan pembeli. Hampir semua orang menggunakan marketplace, misalnya Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Tiap detik bisa dipastikan terjadi transaksi antar pedagang dan pembeli. Untuk meningkatkan pengalaman pengguna, setiap akun perlu menampilkan rekomendasi produk yang sesuai dengan minat pembelian pembeli. Untuk melakukan ini secara otomatis dan real time, tentunya machine learning sangat menentukan keakuratan rekomendasi produk tiap pembeli di masing-masing akun.
8. Jelaskan algoritma apa saja yang digunakan oleh Google untuk memberikan hasil pencarian yang lebih akurat dan relevan bagi pengguna.
a. Mobile First Index Dari mobile-first index ,
Google mengindex konten website dengan dua versi, desktop dan mobile. Jika website kamu belum mobile friendly , Google akan tetap mengidex dengan versi dekstop dari website kamu. Dari nama mobile-first secara harafiah Google melakukan indexing dengan mempertimbangkan dan mendahulukan website yang mobile-friendly dari setiap website yang ingin terangking di Google search engine.
b. “Brackets” Core Update
Di dalam situs twitter Google webmaster, dalam sehari Google bisa mengajukan sebuah perubahan untuk algoritma mereka guna meningkatkan hasil pencarian dari mesin pencarian mereka.
c. RankBrain
Menurut neilpatel , algoritma rankbrain berhubungan dengan user-intent atau minat dari pengguna dari search engine untuk menampilkan hasil pencarian Google yang dianggap paling relevan. Pengguna search engine seperti kita cenderung mencari informasi dari yang sangat umum kemudian menyempit ke pencarian yang lebih spesifik. Sebagai contoh, kita mencari kategori website yang bagus, kemudian kita akan mencari cara membuat website untuk pemula, dan kemudian kita akan mencari hosting murah dan domain murah. Rankbrain sangat mampu untuk menampilkan hasil yang dirasa paling relevan untuk user.
d. Hummingbird
Algoritma hummingbird bekerja dengan apa yang disebut dengan conversational search dengan memperhatikan kalimat pencarian yang dimasukan di dalam mesin pencarian. Google tidak lagi hanya memperhatikan keywords atau kata kunci dengan 1 kata atau 2 kata.
e. Penguin
Algoritma Penguin pertama kali dirilis pada tahun 2012. Pada masa itu banyak website yang memiliki konten tidak bermanfaat, atau berisi spam keywords atau dalam bahasa teknis disebut “keyword stuffing” dan kemudian banyak link link yang sangat tidak membuat nyaman para “pencari informasi” di internet.Google mengeluarkan algoritma penguin dan memberi pinalti sehingga website yang melanggar algoritma penguin akan dikeluarkan dari index Google, dengan kata lain website tersebut tidak akan ada di mesin pencari Google atau search engine Google.
Komentar
Posting Komentar