Rangkuman Bab 3 Informatika
Peranan TIK dalam Kehidupan Manusia
TIK yang Mengubah Kehidupan Manusia
1. Berbagai Kemajuan Teknologi
a)
Machine Learning
Machine Learning adalah teknik untuk menganalisis data yang mengajarkan
komputer berperilaku atau berpikir layaknya manusia atau binatang, yaitu
belajar dari pengalaman. Dapat digunakan dalam berbagai bidang, diantaranya
sebagai berikut.
-
Komputasi keuangan untuk analisis kredit dan
algoritma transaksi dipasar saham.
-
Pengolahan gambar dan computer vision untuk
pengenalan wajah, pendeteksi gerakan, dan pendeteksi objek.
-
Komputasi biologi untuk mendeteksi tumor,
penemuan obat, dan pengurutan DNA.
-
Produksi energi untuk penentuan harga dan
perkiraan kebutuhan masa depan.
-
Otomotif untuk memprediksi jadwal dan kebutuhan
pemeliharaan.
-
Pemrosesan bahasa natural untuk aplikasi
pengenalan suara.
b)
Computer Vision
Computer Vision merupakan bagian dari artificial intelligence yang
mengembangkan teknik untuk membantu komputer dapat melihat dan memahami konten
gambar digital. Ini dapat digunkan untuk berbagai tujuan:
-
Klasifikasi objek,
-
Identifikasi objek,
-
Verifikasi objek,
-
Deteksi objek,
-
Deteksi landmark (poin utama) objek,
-
Segmentasi objek,
-
Pengenalan objek.
c)
Natural Language Processing (NLP)
Natural Language Processing atau sering disingkat NLP adalah bagian dari
teknologi artificial intelligence yang memungkinkan suatu mesin membaca,
memahami, dan mengetahui arti bahasa manusia. Teknologi NLP dapat diterapkan dalam
berbagai aplikasi:
-
Chatbot,
-
Program translate,
-
Analisis
sentiment,
-
Search auto-complete,
-
Descriptive analytic,
-
Search auto-correct,
-
Form spelling check.
d)
Jaringan 5G
Jaringan 5G adalah generasi ke lima dari teknologi jaringan mobile dan
merupakan evolusi yang terbesar. 5G dapat dengan cepat menghubungkan masyarakat
modern. Ada 3 kategori penggunaan teknologi 5G:
-
Komunikasi mesin ke mesin secara masif,
-
Komunikasi ultra-reliable dengan latensi rendah,
-
Meningkatkan layanan telepon mobile.
e)
Internet of Things (loT)
Internet of Things atau sering disebut loT adalah teknologi yang memungkinkan berbagai perangkat terhubung ke jarigan internet, di mana perangkat tersebut memiliki kemampuan untuk mengirimkan data ke dan menerima data dari internet.
2.
Electronic Commerce
Electronic Commerce (e-commerce) atau perdagangan secara elektronik
adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi,
terutama internet. Keuntungan yang dapat diperoleh:
-
Perusahaan dapat menjual produknya ke lebih
banyak orang,
-
Perusahaan tidak perlu membuka banyak cabang
distribusi,
-
Mengurangi biaya keluar sewa dan gaji,
-
Harga produk dapat menurun,
-
Meningkatkan daya saing perusahaan,
-
Konsumen tidak harus mendatangi took,
-
Pembeli dapat menghemat waktu dan biaya
transportasi,
-
Konsumen mendapat lebih banyak pilihan,
-
Dapat lebih mudah impor barang.
3.
Pembayaran Online
Pembayaran adalah layanan di internet yang memungkinkan pengguna
melakukan pembayaran secara online ketika melakukan transaksi di internet.
4.
Internet Banking dan SMS Banking,
Internet Banking adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan
menggunakan internet. SMS Banking adalah layanan perbankan dari bank yang
dilakukan dengan menggunakan SMS.
5.
Pembayaran Digital,
Pembayaran digital adalah metode transaksi/pembayaran untuk barang atau
jasa melalui media digital/elektronik, tanpa melibatkan alat pembayaran cek
atau uang tunai. Digunakan dalam
-
Aplikasi pembayaran mobile (menggunakan
smartphone)
-
Uang digital/cryptocurrencies,
-
Aplikasi
pembayaran dari media sosial,
6.
E-Government,
Memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan layanan pemerintah
untuk masyarakat:
-
Meningkatnya layanan kepada masyarakat,
-
Meningkatnya hubungan antara pemerintah dengan
dunia usaha dan masyarakat,
-
Tersedianya informasi yang mudah diakses
masyarakat,
-
Hilangnya birokrasi.
Contoh penggunaan:
-
Layanan pengajuan paspor online dan layanan
legalisasi dokumen dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia,
-
Layanan legalisasi dokumen dan pengaduan dari
KLN,
-
Sistem pengolahan Keuangan Daerah, e-SDM,
e-Monitoring, e-Education, e-Permit, e-Office, e-Health, e-Dishub, Media
Center, dan SSB,
-
Sistem e-Musrenbang, e-Budgeting, e-Planning,
e-Procurement, serta e-Money,
-
Sistem BSC dll
-
Aplikasi Hibah Bansos, Perizinan Online, dan
E-RK
7.
Transportasi Berbasis Online,
Aplikasi ini memungkinkan memesan layanan tranportasi secara online
melalui aplikasi dan genggaman HP.
8.
Telepon Seluler (Ponsel)
Suatu teknologi yang sangat berpengaruh pada kehidupan manusia dalam
menjadi alat komunikasi, hiburan, kerja, dll. Saat ini, teknologi merupakan
smartphone.
9.
E-Health,
Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam usaha meningkatkan
kesehatan dan perawatan kesehatan. Peran dlm komunikasinya:
-
Administrasi
-
Perawatan pasien langsung
-
Engineering/information systems/information and
communications technology
-
Informatika
-
Penelitian/biomedicine
Berikut ada contoh layanan E-Health,
-
Konsultasi Dokter Online
-
Electronic Health Record (EHR)
-
Clinical Decision Support System (CDSS)
-
WebMD Pain Coach
-
Glucose Buddy
-
uChek
-
Clinical Trial Seek
-
Healthy Heart 2
-
Kardia Mobile (EKG)
-
CDC
-
Operasi Jarak Jauh
10.
Mobil Self-Driving,
Memungkinkan kendaraan bergerak sendiri tanpa harus dikendalikan oleh
pengemudi.
11.
Media Sosial
Saluran komunikasi kolektif yang dilakukan secara online dan memungkinkan
penggunanya untuk saling berinteraksi berbagi konten, dan berkolaberasi dalam
komunitas. Media sosial dapat membawa banyak manfaat seperti akses pada budaya
lain, penyediaan informasi, mengekspresikan diri, dll. Hanya tetapi, media
sosial dapat membawa dampak buruk juga: Spam, Cyberbullying/Cyberstalking,
memanipulasi jati diri, informasi yang berlebihan, hoaks, Privacy/Security,
penipuan, Phubbing,kencanduan dan gangguan Kesehatan, ujaran kebencian,
pengancaman, konten negative, penghinaan dan pencemaran nama baik, pemerasan,
dll. Oleh karena itu, diperlukan etika dalam penggunaan media sosial:
-
Menjaga privasi,
-
Hati-hati mengunggah sesuatu,
-
Memberi komentar yang wajar,
-
Menggunakan bahasa yang baik,
-
Tidak menyebar konten negatif,
-
Menghargai karya orang lain,
-
Tidak menyebar hoaks,
-
Menggunakan etika komunikasi yang baik.
Komentar
Posting Komentar